Mengenai Saya

nama saya ADI NUGROHO, universitas gunadarma kls 3EA13,NPM 10210151

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta (karangan bebas 2)


Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta

1.      Kampung Bali
Di wilayah propinsi DKI Jakarta terdapat beberapa kampung yang menyandang nama kampung Bali, karena pada abad ketujuh belas atau kedelapan belas dijadikan pemukiman orang-orang bali, yang masing-masing dipimpin kelompok etnisnya. Untuk membedakan satu sama lainnya, dewasa ini biasa dilengkapi dengan nama kawasan tertentu yang berdekatan yang cukup banyak di kenal. Seperti kampung bali dekat jatinegara yang dulu bernama meester corornelis, disebut dengan balimester kecamatan jatinegara kotamadya Jakarta timur
Balimester tercatat sebagai perkampungan orang-orang bali sejak tahun 1667. Sedangkan kampung bali krukut terletak di sebelah barat jalan Gajahmada sekarang yang dahulu beranama Molenvliet West. Di sebelah selatan perkampungan itu berbatasan dengan tanahmilik gubernur Reineir de klerk (1777 - !780), dimana di bangun sebuah gedung peristirahatan, yang dewasa ini dijadikan gedung arsip nasioanal.


2.      Kampung Bandan
Merupakan penyebutan nama kampung yang berada dekat pelabuhan sunda kelapa atau masih dalam kawasan Kota Lama Jakarta (Batavia) berdasarkan informasi yang dapat dikumpulkan terdapat beberapa versi asal-usul nama kampung bandan.
Bandan berasal dari kata banda yang berarti nama pulau yang ada di daerah Maluku. Kemungkinan besar pada masa lalu (periode kota Batavia) daerah ini pernah dihuni oleh masyarakat yang berasal dari belanda. Penyebutan ini sangat lazim karena untuk kasus lain ada kemiripannya, seperti penyebutan nama kampung cina disebut pecinan. Tempat memunggut pajak atau cukai (bea) disebut pabean dan pakojan sebagai perkampungan orang koja (arab) dan lain-lain.

 
3.      Kampung Ambon
Merupakan penyebutan nama tempat yang ada di Rawamangun, Jakarta Timur. Nama ini sudah ada sejak tahun 1619. Pada waktu itu JP. Coen sebagai Gubernur Jenderal VOC menghadapi persaingan dagang dengan inggris. Untuk memperkuat angkatan perang VOC, coen pergi ke ambon mencari bantuan dengan menambah pasukan dari masyarakat ambon. Pasukan ambon yang di bawa coen dimukimkan orang ambon itu lalu kita kenal sebagai kampung ambon, terletak di daerah Rawamangun, Jakarta Timur.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar