Mengenai Saya

nama saya ADI NUGROHO, universitas gunadarma kls 3EA13,NPM 10210151

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Protokol Kecelakaan Lalu Lintas (Tulisan)





Protokol Kecelakaan Lalu Lintas
(Tugas Tulisan)


Kecelakaan lalu lintas merupakan kejadian sehari-hari yang menjadi bagian dari kehidupan kita. Pada saat kita menggunakan lalu lintas, baik berkendara maupun berjalan kaki selalu ada kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Korban kecelakaan lalu lintas begitu besar, baik yang meninggal dunia, cacat, maupun kerugian material. Pada saat terjadi kecelakaan yang ada hanya kebingungan, ketakutan, bahkan ada yang salah penanganan.

Kecelakaan lalu lintas menjadi penyumbang terbesar angka kematian. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya seperti manusia, jalan, kendaraan, alam, dan system. Pada konteks ini perlu diperhatikan prosedur penanganaan kecelakaan lalu lintas tersebut yang tentu saja tidak hanya yang dilakukan oleh petugas kepolisian, namun juga oleh semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat. Prosedur ini dapat menjadi pedoman atau protocol pada saat awal terjadinya kecelakaan. Tanpa ada prosedur atau semacam seperti itu akan sulit bagi kita untuk membuat penyelesaian selanjutnya.

Pada awal terjadinya kecelakaan biasanya yang terjadi adalah binggung, serta emosi bisa berkembang menjadi konflik fisik, main hakim sendiri dan penggadilan massa. Korban yang sebenarnya luka ringan bisa menjadi luka berat sedangkan yang luka berat bisa menjadi meninggal dunia.

Penanganan kecelakaan lalu lintas memang harus ditangani secara terpadu antar instasi maupun masyarakat. Dengan demikian, pembentukan tim terpadu bisa menjadi wadah dalam membangun suatu system yang dapat mewadahi kegiatan-kegiatannya. Kegiatan terpadu dalam menangani kecelakaan lalu lintas tidak semata menolong korban kecelakaan tetapi melakukan berbagai aksi kemanusiaan serta melakukan edukasi yang dapat menurunkan tingkat fatalitas korban lalu lintas sekaligus membangun budaya tertib lalu lintas. Pengetahuan atas ini semua akan menjadikan masyarakat siap mengantisipasi dan menghadapi berbagai kemungkinan pada saat terjadinya kecelakaan.

Protocol kecelakaan lalu lintas akan menjadi bagian dari upaya menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, bagian dari pembangunan kesadaran dan tanggung jawab akan pentingnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Protocol ini tidak sebatas pada petugasnya tetapi juga masyarakatnya.

Rambu-rambu Lalu Lintas :

 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar