NAMA
: ADI NUGROHO
NPM : 10210151
KELAS : 3 EA 13
JURNAL 1
Judul, Nama Pengarang, Tahun.
Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Restoran Keluarga dan Implikasinya
Terhadap Strategi Pemasaran Hot Cwie Mie Malang & Roellie's Restaurant di
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya, NI LUH PURNAMI, 2004.
Tema : Daya Tarik Sebuah Restoran Dalam Menarik Konsumen di Berbagai Wilayah
di Indonesia
Latar Belakang Masalah
Meningkatnya jumlah bisnis restoran menyebabkan persaingan bisnis yang semakin
ketat pada industri ini. Setiap restoran menawarkan kepada konsumennya konsep
yang berbeda-beda mulai dari menawarkan rasa makanan yang unik, tempat yang
nyaman dan unik, hingga perang harga dilakukan para pebisnis restoran.
Masalah
Bagaimana segmentasi dan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's?
Tujuan Penelitian
Menganalisis segmentasi dan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's.
Metodologi Penelitian
1. Jenis Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Wawancara dilakukan dengan
panduan kuesioner terstruktur guna mendapatkan data primer sedangkan waktu
penelitian adalah dari bulan September sampai November 2003.
2. Populasi dan Sampel
Populasi terdiri atas 100 orang koresponden yang datang ke restoran Hot CMM
& Roellie's dengan teknik non probability sampling dengan cara convinience
sampling.
3. Metode Analisis Data
Untuk menggali informasi dari data, metode yang digunakan meliputi analisis
thurstone digunakan untuk mengetahui peringkat kepentingan atribut, analisis cluster
dan analisis faktor untuk mengetahui segmentasi pelanggan, analisis
korespondensi untuk memetakan positioning dari restoran Hot CMM &
Roellie's, dan analisis performance importance untuk mengetahui tingkat
kepentingan dan kinerja (performa) dari atribut.
Hipotesis
Secara keseluruhan restoran Hot CMM & Roellie's memilki kedekatan dengan
atribut pelayanan yang ramah dengan tata interior yang menarik.
Hasil dan Analisis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen restoran Hot CMM & Roellie's
dapat dikelompokkan menjadi tiga segmen berdasarkan aspek psikografis, yaitu
attention seeker (32%), the affluent (30%), dan the achievers (38%).
Segmen the achievers merupakan segmen yang potensial bagi pengembangan
pemasaran restoran Hot CMM & Roellie's.
Sedangkan hasil dari analisis faktor menunjukkan terdapat 4 (empat) faktor yang
harus diperhatikan oleh Hot CMM & Roellie's untuk pengembangan pasarnya.
Keempat faktor tersebut adalah faktor fasilitas fisik, faktor sumberdaya
manusia, faktor produk serta yang terakhir adalah faktor harga.
Implikasi
Implikasi manajerial, yaitu : (1) Segmentasi Hot CMM & Roellie's merupakan
informasi penting untuk perancangan strategi pemasaran terutama dalam pemilihan
pasar sasaran dan strategi komunikasi.
Sumber :
http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=mbipb-12312421421421412-niluhpurna-543
ANALISIS : JURNAL 1
20.08 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar