Mengenai Saya

nama saya ADI NUGROHO, universitas gunadarma kls 3EA13,NPM 10210151

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jurnal Ilmiah ( metode riset remed )



Tema  : Peningkatan Omset Penjualan Perusahaan

Judul  : Analisis Strategi Bersaing Melalui Saluran Distribusi Terhadap Peningkatan Omset     Penjulan CV. Yong's Fish International
    
Nama/Npm/kls  : Adi Nugroho/10210151/3EA13


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
. Perkembangan ekonomi dan teknologi yang semakin pesat membuat semakin banyaknya perusahaan yang bermunculan baik perusahaan berskala kecil maupun berskala besar. Hal tersebut akan membuat konsumen semakin banyak pilihan dengan berbagai merek dalam melaksanakan keputusan pembeliannya dengan harga yang bervariasi di pasaran yang tersebar di berbagai daerah. Dengan keadaan tersebut perusahaan tidak dapat hanya memusatkan perhatiannya pada produk yang telah dihasilkan. Namun sebaliknya juga memikirkan bagaimana cara yang akan ditempuh agar produk yang dihasilkan dapat menarik perhatian konsumen dari berbagai yang tersedia dipasaran, sehingga akhirnya konsumen mau membeli produknya dan menjadi langganan yang loyal.
Di zaman serba modern ini berbagai bidang dapat dimasuki perusahaan atau industry akibat perubahan yang cepat dalam persaingan. Untuk menghadapi persaingan, maka perusahaan perlu melaksanakan usaha kegiatan pemasaran dengan menggunakan saluran distribusi yang tepat sehingga tujuan dapat dicapai. Tujuan utama perusahaan pada intinya sama, yaitu dapat meningkatkan omset penjualan sehingga laba yang dihasilkan meningkat, namun tanpa meninggalkan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen.
Dala rangka memperlancar produk dari pihak produsen ke konsumen maka salah satu factor yang sangat penting atau tidak boleh diabaikan adalah saluran distribusi. Perusahaan menekankan pentingnya saluran distribusi mengingat bahwa cara ini dapat digunakan dan berfungsi sebagai tolak ukur kemampuan pemasaran diberbagai unit pemasaran tersebut.
Dalam uraian diatas tersebut, maka dalam penulisan ilmiah ini dilihat bagaimana pengaruh saluran distribusi penjualan terhadap omset penjualan perusahaan.

1.2 Rumusan Masalah
      Perusahaan sangat membutuhkan pemasaran yang berpengaruh sekali terhadap omset penjualan. Perumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah:
1.    Bagaimana strategi bersaing yang dilakukan perusahaan melalui saluran distribusi untuk meningkatkan omset penjualan CV Yong’s Fish International ?
2.    Apakah dengan strategi bersaing melalui saluran distribusi dapat meningkatkan omset penjualan ?

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana persaingan saluran distribusi terhadap peningkatkan omset penjualan produk CV. Yong’s Fish International untuk mencapai tingkat penjulan yang diharpkan.
    






BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Pemasaran ( marketing )

   Pemasaran atau marketing merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengussaha dalam usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk pencapaian tujuan bisnis yang diharapkan mereka harus mampu mengkombinasikan berbagai unsur yang terdapat dalam kegiatan pemasaran. Berikut ini penulis akan mendefinisikan pemasaran dari pendapat-pendapat para ahli, diantaranya adalah :
“pemasaran yaitu suatu proses social yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain” ( Phillip Kotler )
“ pemasaran yaitu system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial” ( Basu Swasta )
Oleh karena itu penulis dapat mengartikan pemasaran dalam pernyataan yang sederhana yaitu sebagai suatu kegiatan yang memanfaatkan kegunaan waktu, tempat dan perpindahan hak milik atas barang atau jasa dari tangan produsen ketangan konsumen.
Pemasaran dalam arti luas yaitu suatu yang mampu memadukan secara harmonis antara komponen produk, harga, distribusi dan promosi mengakibatkan pemanfaatan waktu, tempat dan perpindahan hak milik atas suatu produk dari tangan produsen ke tangan konsumen yang mendatangkan keuntungan atau manfaat bagi suatu badan usaha yang bersangkutan.
Marketing Mix adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsure pemasaran dan factor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan-tujuan badan usaha misalnya laba, penghasilan dan harta yang ditanam serta omset penjualan, bagian dari pasar yang ingindirebut dan sebagainya.

2.2 Penelitian Terdahulu
1. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 oleh Nining Suningrat dengan judul “Peningkatan Omset Penjualan Perusahaan    yang dilakukan di perusahaan CV. Yong’s Fish International dalam jurnal Analisis Strategi Bersaing Melalui Saluran Distribusi Terhadap Peningkatan Omset Penjualan CV. Yong’s Fish International. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan pengamatan langsung di CV. Yong’s Fish International, kesimpulannya yaitu Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan CV. Yong’s fish international dapat dibuat persamaan regresi sebagai berikut : y = 4,05 + 2,01x. dari hasil persamaan tersebut hasil penjualan (y) mempengaruhi biaya distribusi (x).


2.3 Pengembangan Hipotesis
            Berdasarkan kajian teoritis, permasalahan penelitian dan penelitian terdahulu yang telah di kemukakan sebelumnya dapat dirumuskan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu Peningkatan Omset Penjualan Perusahaan  antara lain dengan melalui saluran distribusi terhadap peningkatan omset penjualan produk CV. Yong’s Fish International untuk mencapai tingkat penjualan yang diharapkan.












BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Data Variabel yang Digunakan
           Data yang digunakan penulis terdiri dari  :
1.      Data hasil penjualan dari bulan Januari 2007 sampai Desember 2007.
2.      Data biaya distribusi CV. Yong’s Fish International dari periode yang sama yaitu Januari sampai Desember 2007.

3.2    Objek Penelitian  
           Objek dalam penulisan ilmiah ini adalah CV. Yong’s Fish International yang beralamat di Jln. Taman Galaxi Raya Blok H/21 Bekasi. Perusahaan bergerak dibidang perdagangan hasil perikanan air tawar, penjualan pakan ikan, aquarium, dan lain-lainnya.

3.3    Metode Pengumpulan Data
Untuk keperluan penulisan ilmiah ini, kegiatan pengumpulan data yang dilakukan penulis antara lain adalah :
Ø  Mengambil data-data keuangan dari laporan keuangan CV. Yong’s Fish International
Ø  Melakukan wawancara langsung kepada pemilik CV. Yong’s Fish International
Ø  Mengadakan pengamatan secara langsung di CV. Yong’s Fish International

3.4    Metode Penelitian
Dalam rangka menyusun penelitian ilmiah ini, metode yang dilakukan penulis untuk memperoleh data-data yang konkret dan dapat memberikan gambaran yang menyeluruh dari objek yang diteliti.

3.5    Model Penelitian
Pada penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode analisis data berupa Regresi Linier pengertian dari alat analisis tersebut adalah sebagai berikut:
a.    Regresi ini digunakan untuk menganalisis interaksi dua kejadian dengan menggunakan 2 variabel X dan Y. perubahan variabel yang satu diasumsikan akan berpengaruh pada variabel lainnya, apabila kedua variabel itu saling berhubungan ( Walpole Ronald, 2000).


Persamaan umum untuk regresi linier sederhana menggunakan rumusan sebagai berikut :
Y= a+bx

Koefisien a dan b dapat diperoleh dengan pemrosesan data melalui persamaan regresi linier dengan menggunakan metode kuadrat terkecil sebagai berikut :
 b = n ( åxy ) ( åx ) ( åy )
n ( åx2 ) ( åx ) 2


a = åy – b ( åx )
n




dimana :  y        : variabel tidak bebas
   x       : variabel bebas
               a,b    : bilangan konstanta
               n       : banyaknya data / jumlah sampel







BAB IV
PEMBAHASAN

3.6   Deskripsi Data dan profile objek penelitian
CV. Yong’s Fish International mulai didirikan pada tanggal 29 juli 2003. Pada awal mulanya, usaha ini didirikan oleh ibu Dessy H dan suami bapak Eki Sutikno. Mereka mulai membangun CV. Yong’s Fish International yang bergerak dibidang perdagangan hasil perikanan air tawar, penjualan pakan ikan, aquarium, dan lain-lainnya.
CV. Yong’s Fish International memulai usahanya dengan berkantor dijalan Taman Galaxi Raya Blok H/21 Bekasi dan lokasi penampungan di jalan Taman Cikas Blok B/16 No.31 Bekasi serta tempat penangkaran dan penampungan di jalan Raya Cikunir Bekasi.
Perusahaan ini juga memiliki fasilitas-fasilitas antara lain ruang kantor administrasi, tempat penyimpanan atau pemeliharaan komoditi, gudang, ruang peralatan, fasilitas penangkaran serta fasilitas lainnya sebagai penunjang usaha yang dijalankan. Sampai saat ini CV. Yong’s Fish International telah memiliki karyawan sebanyak 15 orang, yang masing-masing karyawan memiliki tugas pokok dan fungsi dengan jabatannya. Jabatan-jabatan tersebut diduduki oleh karyawan yang diangkat berdasarkan tingkat pendidikan dan keahliaannya, adapun karyawan yang dimiliki oleh CV. Yong’s Fish International terdiri dari 3 orang bagian staff administrasi dan keuangan, 3 orang tenaga ahli perawatan, 6 orang tenaga pemeliharaan dan 3 orang bagian umum dan lapangan.
Untuk mendukung kelancaran usaha atau operasinya, CV. Yong’s Fish International merumuskan visi dan misi yang akan dijadikan pedoman utama aktivitas ujung tombok usaha (pemasaran). Rumusan visi dan misi tersebut adalah sebagai berikut :

Visi :

Menjadi perusahaan yang memanfaatkan komoditi sumber daya alam ikan, menambah lapangan kerja baru dalam rangka turut mengupayakan peningkatan kesejahteraan dan meningkatkan devisa negara

Misi  :
1.       Berperan serta secara proaktif dalam program ekspor penjualan, pembiakan, penangkaran dan pemeliharaan komoditi ikan di Indonesia.
2.       Mengutamakan kepuasaan customer dengan layanan yang professional.
3.       Menjadi perusahaan profit oriented yang memperhatikan kaidah-kaidah bisnis yang besar, efisien dan efektif.
.
Berikut biaya distribusi dan hasil penjualan CV. Yong’s Fish International dari bulan Januari 2007 sampai Desember 2007 :

Bulan
Biaya Distribusi (Rp)
Hasil penjualan
Januari
4.110.000
14.610.000
Februari
2.500.000
10.300.000
Maret
3.750.000
11.762.000
April
6.800.000
18.432.000
Mei
5.432.000
11.207.000
Juni
3.225.000
8.147.500
Juli
2.335.000
8.236.250
Agustus
4.275.000
13.235.000
September
5.115.000
14.161.000
Oktober
2.750.000
11.991.000
November
5.800.000
17.867.500
Desember
4.850.000
15.064750

3.7    Hasil Pengujian
Hubungan Harga Mie dengan Hasil Penjualan Restoran Hot Cwie Mie Malang & Roellie's periode September 2003- November 2002



Bulan
Biaya
Distribusi
Dalam
Jutaan (X)
Hasil
Penjualan
Dalam
Jutaan (Y)

X2


Y2

XY

Januari
4.110
14.610
16.8921
213.4521
60.0471
Februari
4.500
10.300
20.25
106.09
46.35
Maret
3.750
11.762
14.0625
138.344644
44.1075
April
6.800
18.432
46.24
339.738624
125.3376
Mei
5.432
11.207.5
29.506624
125.6080563
60.87914
Juni
3.225
8.147.5
10.400652
108.1730004
26.27456875
Juli
2.335
8.236.5
5.452225
67.83581406
19.23164375
Agustus
4.275
13.235
18.275625
175.165225
56.579625
September
5.115
14.161
26.163225
200.533921
72.433515
Oktober
2.750
11.991
7.5625
143.784081
32.97525
November
5.800
17.867
33.64
319.2475563
103.6315
Desember
4.850
15.064
23.5225
226.9466926
73.0640375
Jumlah
52.942
155.0145
251.967924
2164.919715
720.9125988

Keterangan :  n  : jumlah observasi selama 12 bulan
                      x  : biaya distribusi
                                  y  : hasil penjualan

persamaan regresi secara umum adalah yang akan di analisis adalah :
                                    y = a+bx

Dimana  : a = konstanta
                            b = koefisien regresi
                            y = hasil penjualan
                            x = biaya distribusi

Nilai a dan b persamaan regresi tersebut dihitung berdasarkan persamaan berikut :
b =  n ( åxy ) - ( åx ) ( åy )
        n ( åx2 ) - ( åx ) 2 


 b =  12 ( 720.9125988 ) - (52.942 ) ( 155.0145 )
12( 251.967924 ) - (52.942) 2
 

b =  8650.951186 – 8206.777659
      3023.615088 – 2802.855364

b =  444.173527
       220.759724

b =  2.01


a = åy – b ( åx )
                         n

a = 155.0145 – 2.01 (52.942)
                                12


a = 155.0145 – 106.41342
                                12


a = 48.60108
                     12

a = 4.05
                    
               

3.8    Analisis
Dari persamaan diatas diperoleh a = 4.05 dan b = 2.01 sehingga dapat dibuat persamaan regresi sebagai berikut : y = 4.05 + 2.01x. Dari hasil persamaan tersebut hasil penjualan (y) mempengaruhi harga mie (x). Nilai b menunjukkan bahwa untuk setiap perubahan biaya distribusi akan diikuti oleh harga hasil penjualan 2.0, sedangkan nilai a berarti jika biaya distribusi = 0 maka akan mendapatkan hasil penjualan 4.05.









BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Setelah pada bab-bab sebelumnya dikemukakan berbagai konsep, teori, data dan analisisnya maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
Dalam usahanya bahwa distribusi terhadap hasil penjualan CV. Yong’s Fish International melaksanakan distribusi penjualan melalui system distribusi langsung. Hubungan biaya distribusi dengan hasil penjualan CV. Yong’s Fish International menunjukkan hubungan yang kuat dan positif ditunjukkan dari hasil perhitunggan persamaan regresi y = 0.45 + 2.01x

5.2 Saran
Setelah penulis simpulkan secara garis besar, penulis mencoba untuk member sumbangan saran yang mungkin berguna bagi perusahaan lain :

1.      Selain mengadakan saluran distribusi, CV. Yong’s Fish International hendaknya juga melakukan analisa terhadap persaingan-persaingan yang sejenis.
2.      Sehubungan dengan lebih meningkat kegiatan distribusi yang berjalan, perusahaan perlu meningkatkan kualitas atau kemampuan Sumber Daya Manusia.


Sumber : suningrat, nining. 2008. “ ANALISIS STRATEGI BERSAING MELALUI SALAURAN DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN OMSET PENJUALAN CV. YONG’S FISH INTERNATIONAL” . BEKASI

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar